Senin, 06 Oktober 2014

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM)

PENYEBARAN HASIL KARYA DOSEN 
DAN PEMBERIAN BUKU TULIS
 Di SD Pulau Moyo, Desa Labuhan Aji, Nusa Tenggara Barat
Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu kegiatan dosen di perguruan tinggi, sebagai wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi dalam menerapkan atau menyebarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat. Pengabdian pada masyarakat diantaranya memiliki berbagai macam bentuk diantaranya adalah penyebaran ilmu pengetahuan melalui media buku. Melalui media buku, masyarakat penerimanya akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupannya serta dapat menerapkan materi yang di bacanya dalam kehidupan sehari-hari.
Maksud dari dilaksanakannya kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila adalah dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui penyebaran khasanah ilmu pengetahuan arsitektur dan perkotaan kepada masyarakat. Adapun media penyebarannya diwujudkan dalam bentuk buku serial, yaitu Seri Pengetahuan Arsitektur & Perkotaan untuk pelajar dan hasil karya buku lainnya.
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah sebagai berikut:
1.      Menyebarkan khasanah pengetahuan arsitektur dan perkotaan yang dimiliki para dosen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila kepada para pelajar yang duduk disekolah dasar atau setingkatnya.
2.      Meningkatkan pengetahuan pelajar yang duduk di sekolah dasar atau setingkatnya tentang kehidupan dikota besar.
3.      Menjalin kerjasama dengan sekolah dasar-dasar atau setingkatnya di daerah.
4.     Meningkatkan kuantitas pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Universitas Pancasila.

Manfaat dari dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat bagi siswa-siswi SD Pulau Moyo di desa Labuhan Aji, Nusa Tenggara Barat adalah bertambahnya pengetahuan umum dan wawasan para siswa tentang kehidupan kota besar yang berada jauh dari desa tempat tinggal mereka.
Materi yang diberikan diformat kedalam bentuk buku, yaitu karya seri Pengetahuan Arsitektur dan Perkotaan untuk pelajar. Buku tersebut akan menjadi tambahan modal bagi perpustakaan sekolah dalam menambah koleksi bahan bacaan yang memuat informasi terbaru kehidupan di kota besar yang dapat dibaca dan dipelajari oleh para siswa dibawah bimbingan guru-gurunya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Agustus 2014 di SD Pulau Moyo di desa Labuhan Aji, Nusa Tenggara Barat. Perencanaan akan dimulai dari tahap pengajuan proposal hingga penyerahan laporan kegiatan. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini akan melibatkan beberapa dosen jurusan Teknik Arsitektur Universitas Pancasila.

Tabel 1.1 Nama Dosen yang terlibat dalam Kegiatan PPM

NAMA DOSEN

NAMA DOSEN
1.
Nia Rachmawati
5.
Agus S. Sadana
2.
Diptya Anggita
6.
L. Edhi Prasetya
3.
Ellys Sundiana
7.
Anedya Wardhani
4.
Ashri Prawesthi D


  
Tabel 1.2 Seri Pengetahuan Arsitektur dan Perkotaan untuk Pelajar 
NO
NAMA PENULIS
JUDUL KARYA
1.
Agus S. Sadana
Ayo Keliling Kota Naik Angkutan Umum
2.
Ashri Prawesthi D
Ayo Mengenal Patung-Patung Jakarta
3.
Diptya Anggita
Ayo Mengenal Bangunan Planetarium
4.
L. Edhi Prasetya
Ayo Mengenal Mensketsa Wajah Kota.
5.
Anedya Wardhani
Ayo Menghemat Energi.
6.
Nia Rachmawati & Laili Savitri

Panduan Peniulisan Karya Ilmiah Pelajar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar