Kamis, 04 Desember 2014

Seminar Internasional & Exhibition Architecture Design_Art + Engineers



Lobi lantai satu Fakultas Teknik Universitas Pancasila Jakarta, Senin (1/12) lalu berubah menjadi arena pameran.

Naik kelantai empat, suasana tradisional di lobi semakin terasa dengan dekorasi ruangan yang cozy dan etnic. Pagi itu untuk pertama kali Jurusan Arsitektur Universitas Pancasila berkolaborasi dengan Jurusan Arsitektur Universitas Budi Luhur menggelar acara Seminar Internasional Menuju Indonesia Baru dalam tema “Jakarta as a City and Dream”.

Ketua Panitia.

Dr. Ir, Yuke Ardhiati, doktor dibidang Arsitektur dan Art Disain ini menjelaskan background pelaksanaan seminar ini, “ Megacity seperti Jakarta sudah menginspirasi Arsitek, Disainer, Akademisi, Engginer maupun Seniman, sebagai “big stage” bagi pekerjaan mereka. Sehingga perlu di angkat kepermukaan ide-ide brilyannya agar di dengar oleh kalangan Internasional.

Mimpi dan harapnya bagi kota Jakarta di masa yang akan datang. Sehingga disini kami mengundang Arsitek, Akademisi, Engineers, Disainer dan Seniman agar berkonstribusi menyumbangkan ide bagi Megacity Jakarta.”
Pembukaan acara di mulai dengan penandatangan kontrak kerjasama antara Kajur Arsitektur Universitas Pancasila (L. Edhi Prasetyo,ST,MT) dengan Kajur/Prodi Arsitektur Univ Budi Luhur (Putri Suryandari,ST,M.Ars), di lobby Jurusan Arsitektur Pancasila Fakultas Teknik lantai 4. Acara tersebut sekaligus sebagai pembukaan untuk pameran Disain 2D, 3D, karya Tugas Akhir Mahasiswa, karya seniman Ancol, Poster dan Komik.

Seminar International di buka oleh Rektor Universitas Pancasila, Prof, Dr, Wahono Sumaryono, Apt dan Dekan Fakultas Teknik, Ir, Fauzi Fahimudin, MSc,Eng, D.Eng. Hadir sebagai Guest Speaker adalah Dr. Johanes Widodo, Associate Profesor di Jurusan Arsitektur, School of Design and Environment, National University of Singapore (NUS), Goerge Tirajoh, Architect of USA Embassy, Jeongok Leon, Art Curator of Surya University dan Kartika Effendi pakar seniwati Indonesia.

Pameran Disain 2 D dan 3 D yang terdiri dari 30 produk karya seniman dan mahasiswa yang tak kalah menarik adalah, Sex Education Poster untuk Puskesmas di Pasar Rebo, karya Nurhablisyah, Yuliato dan Wulandari, menyajikan disain komunikasi visual bagi keluarga, agar lebih mengutakaman komunikasi dalam pengetahuan sex pada anak-anak, terutama dengan makin mudahnya media informasi yang dapat di akses sekarang ini.

Disain produk yang menggunakan bahan daur ulang sampah kardus untuk membuat elemen dekoratif bagi interior dan asesoris seperti tas dan lain-lain dari sampah plastik, mencoba mewujudkan mimpi Jakarta Bersih. Diharapkan dengan meningkatnya jumlah kreatifitas elemen dekoratif dan disain produk dari bahan sampah akan mengurungi secara siknifikan jumlah sampah di perkotaan, khususnya Jakarta.

Hadir ikut sebagai media partner dalam acara ini selain adalah, IAI Jakarta, IAI Indonesia, HDII, IALI, APTARI, ARFCHINESIA, BYO Living, dan Group 8 PTS (UBL, UKI, UBK, UMJ, ISTN, YAI, Borobudur, UP).

Seminar dan Pameran yang di buka tepat pukul 8.30 pagi, di tutup tepat pukul 17.00 oleh Kajur Universitas Pancasila, dengan harapan aplikasi dari seluruh pemikiran dapat segera di kerjakan dan menyelesaikan segala persoalan yang ada di Jakarta.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar